Aplikasi open source menawarkan pengguna Android alternatif yang sangat baik untuk pesaing utama mereka. Khususnya, karena kode sumber mereka dapat diakses oleh siapa saja, pengguna yang cerdas dapat melihat dengan tepat apa yang terjadi di balik layar. Dan meskipun aplikasi open source dapat melacak Anda, tidak mungkin melakukannya tanpa sepengetahuan pengguna. Ada juga lebih banyak keterlibatan komunitas dengan proyek sumber terbuka. Aplikasi open source paling populer diperiksa secara teratur oleh pengguna, untuk memastikan kualitas tinggi tetap terjaga. Di bawah ini adalah ulasan tentang aplikasi open source Android gratis terbaik yang disajikan untuk Anda.

Rekomendasi Aplikasi Open Source Android Gratis Terbaik

Menginstal aplikasi open source adalah cara yang fantastis untuk membatasi ketergantungan Anda pada perangkat lunak berpemilik sambil mempertahankan manfaat dari layanan yang disediakan oleh produsen ponsel Anda. Play Store penuh dengan alternatif fantastis, termasuk nama-nama terkenal seperti Firefox, ProtonMail, dan VLC. Di bawah ini daftar 10 aplikasi open source terbaik untuk Android, untuk membantu Anda memulai di dunia aplikasi open source.

1. Firefox

Firefox Pada Tablet

Pada Februari 2022, Firefox menguasai hanya 0,48% dari pangsa pasar browser seluler. Sementara bagian dari pasar browser tidak ada artinya dibandingkan dengan Chrome (61.95%), itu juga tidak dimuat di hampir setiap ponsel Android. Dalam perbandingan Chrome dan Firefox, data mencatat bahwa browser open source tidak semulus Chrome secara konsisten, tetapi memiliki beberapa fitur bagus dan menjaga privasi dengan serius. Jika Anda khawatir tentang Google yang mengawasi setiap gerakan Anda, Firefox menawarkan keseimbangan yang solid antara perlindungan privasi dan fitur-fitur canggih.

2. Brave

Brave for Android

Sementara Firefox menawarkan fitur privasi yang lebih baik daripada Chrome, Brave mengungguli keduanya. Satu-satunya masalah adalah Brave tidak seperti browser lain, jadi jika pengalaman pengguna penting, Anda mungkin ingin tetap menggunakan Firefox.

Baca Juga:  10 Antivirus Mac Gratis Terbaik Tahun 2022

Dengan pemblokir iklan bawaan, tab penyamaran, dan koneksi asli, Brave adalah pilihan mudah bagi pengguna yang peduli dengan privasi. Untuk membuat segalanya lebih baik, Brave juga memiliki mesin pencari yang berfokus pada privasi. Meskipun kualitas pencarian kurang dibandingkan dengan Google, itu tidak melacak pencarian atau klik Anda.

3. Open Camera

Open Camera

Open Camera gratis, penuh fitur, dan tidak memiliki iklan. Dengan lebih dari 50 juta unduhan, ini adalah salah satu aplikasi kamera paling populer di Play Store. Dalam mode open source klasik, antarmuka jelas sedikit kasar dibandingkan dengan aplikasi seperti Google Camera atau Samsung Camera, tetapi jangan biarkan estetika DIY itu menghalangi Anda.

4. Good Weather

Good Weather

Sementara aplikasi cuaca open source terbaik melihat ke luar jendela Anda, mungkin sulit untuk memeriksa cuaca di malam hari, atau saat berada di ruang bawah tanah Anda. Disitulah Good Weather berperan, memberi Anda aplikasi cuaca open source yang dikemas dengan fitur termasuk grafik terperinci.

Di luar grafik, Good Weather menampilkan laporan cuaca Anda dengan jelas dan lugas. Ini juga menawarkan beberapa widget, persyaratan yang terus terang diperlukan untuk aplikasi cuaca apa pun.

5. Proton Mail

Proton Mail

Tim di belakang ProtonMail adalah tim yang sama di belakang ProtonVPN, VPN yang dirancang untuk menghadirkan privasi internet bagi sebanyak mungkin orang. ProtonMail dirancang dengan tujuan mulia yang sama, memprioritaskan keamanan dan privasi pengguna di atas segalanya. Di luar itu, ProtonMail adalah aplikasi cantik tanpa elemen UI miring yang akan Anda temukan di banyak aplikasi open source.

6. AntennaPod

AntennaPod

Sementara Spotify adalah aplikasi podcast teratas di pasar, dorongan tanpa henti menuju konten eksklusif untuk menghasilkan pendapatan iklan yang lebih tinggi merusak pengalaman podcast. AntennaPod, adalah aplikasi podcast open source yang dapat membantu Anda mengatasi kecanduan Spotify Anda.

Pengguna AntennaPos dapat berlangganan podcast favorit mereka melalui umpan RSS, dan dapat mengimpor dan mengekspor data mereka sesuka hati. Aplikasi ini juga sepenuhnya dibuat oleh sukarelawan, jadi Anda tidak akan diganggu oleh pengiklan saat menavigasinya. Setiap iklan yang Anda dengar ditempatkan oleh penerbit podcast, yang menerima 100% dari pendapatan iklan.

Baca Juga:  10 Aplikasi Streaming Video Terbaik Tahun 2022

7. VLC for Android

VLC for Android Tablet

VLC telah menjadi pemutar media utama sejak rilis asli untuk PC desktop pada hari-hari berkabut tahun 2001. Dirilis di Android pada tahun 2014, VLC tetap menjadi salah satu pemutar media sumber terbuka terbaik yang tersedia.

VLC untuk Android dapat memutar file video atau audio apa pun, dengan semua fitur yang Anda harapkan dari pemutar media seperti teks tertutup, teleteks, dan subtitle. Ini juga diperbarui secara teratur, tetap up to date dengan aplikasi seperti Android Auto.

8. QKSMS

QKSMS Pada Tablet

Sementara drama antara Google dan Apple atas RCS dan iMessage terus berlanjut, banyak dari kita tidak terlalu menikmati gagasan untuk menyelaraskan diri dengan salah satu raksasa teknologi ini. QKSMS menyediakan alternatif sumber terbuka langsung untuk aplikasi SMS berpemilik.

Ini adalah aplikasi hebat yang mencakup fitur-fitur seperti penjadwalan teks, pencadangan cloud, dan pencarian pesan. Namun, itu bisa terasa sedikit ketinggalan zaman dibandingkan dengan aplikasi yang didukung RCS seperti Google Messages, jadi waspadalah bahwa peningkatan privasi memang ada harganya.

9. LibreOffice & OpenOffice

LibreOffice & OpenOffice

LibreOffice dan OpenOffice adalah dua editor dokumen open source yang paling terkenal. Aplikasi ini, meskipun tidak berafiliasi dengan OpenOffice atau LibreOffice, memungkinkan pengguna untuk membuka dan memodifikasi file Open Document Format (ODF) dengan sedikit kerumitan. Ini juga terintegrasi dengan aplikasi seperti Gmail, Dropbox, dan OneDrive, sehingga Anda tidak akan kesulitan memindahkan file jika terpaksa menggunakan sistem penyimpanan cloud berpemilik.

10. AnySoftKeyboard

AnySoftKeyboard

AnySoftKeyboard adalah alternatif open source untuk Gboard dengan desain yang bersih dan lugas. Ini menghargai kesederhanaan di atas rakit alat mewah, tetapi masih ada banyak opsi penyesuaian. Dan meskipun menyertakan fitur berguna seperti input suara dan pengetikan isyarat, Anda tidak akan melihat pop-up dan saran untuk berbagai fitur khusus yang mungkin tidak akan pernah Anda gunakan.

Write A Comment