Tidak seperti Apple, Google belum menunjukkan minat yang besar pada tablet sejak masa Honeycomb. Ini menciptakan situasi di mana sulit untuk menemukan aplikasi Android terbaik yang dioptimalkan untuk tablet dan Chromebook di Play Store. Di bawah ini telah di kumpulkan aplikasi favorit yang dioptimalkan untuk tablet, yang baru saja diperbarui dengan daftar baru untuk terus mengembangkan daftar. Memastikan pengguna Android akan memiliki kemampuan untuk menemukan aplikasi bermanfaat yang memang dioptimalkan untuk layar besar.

Rekomendasi Aplikasi Tablet Android Yang Diperbaharui

Berikut ini adalah daftar rekomendasi aplikasi tablet Android yang telah dioptimalkan dan diperbaharui oleh perusahaan aplikasi.

1. Amazon for Tablets

Amazon for Tablets

Ini adalah aplikasi belanja Amazon yang dirancang khusus untuk tablet. Sama seperti bagaimana aplikasi ponsel menampilkan situs di ponsel, aplikasi tablet ini memenuhi seluruh layar tablet dengan kebaikan berbelanja. Bahkan ada beberapa fitur eksklusif dalam versi ini, seperti opsi tekan dan tahan untuk melemparkan item ke bagian bawah layar Anda, menyimpannya ke cart yang selalu dapat diakses, seperti bookmark mewah untuk semua item favorit Anda.

Tablet berukuran tujuh hingga sepuluh inci direkomendasikan, dan meskipun aplikasi ini cukup lama, Amazon masih memperbaruinya dengan rutin. Satu hal yang pasti, senang melihat perusahaan lain mendukung tablet di Android bahkan ketika Google tidak merasa perlu untuk memperbaharui aplikasinya.

2. Microsoft Office

Microsoft Office Untuk Tablet

Aplikasi Microsoft Office adalah beberapa contoh terbaik dari aplikasi Android yang dioptimalkan untuk tablet yang pernah ditemui. Tentu, Anda mungkin tidak perlu terlalu sering mengedit spreadsheet Excel saat bepergian, tetapi aplikasi memiliki antarmuka yang sama dengan desktop yang setara. Ada juga dukungan ekstensif untuk pintasan keyboard jika Anda secara teratur menggunakan keyboard dengan tablet Anda.

Pada tahun 2020, Microsoft merilis aplikasi Office gabungan baru yang menyertakan PowerPoint, Word, dan Excel dalam satu paket. Aplikasi ini awalnya tidak mendukung tablet dengan benar, tetapi sejak itu telah diperbaiki. Microsoft juga telah mengintegrasikan pemindai dan catatan Office Lens yang disinkronkan dengan Windows 10.

Satu-satunya downside adalah bahwa membuat dan mengedit dokumen memerlukan langganan berbayar ke Microsoft 365, sebelumnya dikenal sebagai Office 365. Paket termurah sudah mencakup versi desktop web, seluler, dan asli dari sebagian besar aplikasi Office populer, ditambah 1TB penyimpanan OneDrive.

Baca Juga:  10 Aplikasi Streaming Video Terbaik Tahun 2022

3. Pocket

Pocket Untuk Tablet

Pocket adalah aplikasi sederhana untuk menyimpan konten teks yang Anda temukan di web untuk nanti. Pocket menampilkan cerita-cerita ini dalam bentuk yang sangat mudah dibaca, bebas gangguan. Yang terbaik dari semuanya, aplikasi ini menawarkan antarmuka tablet yang bagus dalam portrait dan landscape, dengan beberapa baris konten. Bahkan cerita ditampilkan dengan baik untuk layar besar, meskipun akan lebih baik jika gambar tidak selalu di tengah.

Apa yang hebat adalah siapa pun dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan bahkan terhubung ke Firefox, membuat segalanya lebih mudah untuk menyimpan konten ke platform. Namun, jika Anda menginginkan pencarian yang lebih baik dan perpustakaan konten yang permanen, maka langganan diperlukan.

4. Collabora Office

Collabora Office Untuk Tablet

Jika Anda lebih suka aplikasi open source, maka Anda mungkin pernah mendengar tentang LibreOffice dan OpenOffice. Nah, dan pengembang giat telah membangun aplikasi kantor sumber terbuka yang disebut Collabora, dan itu didasarkan pada LibreOffice/OpenOffice. Seperti yang Anda harapkan, unduhan ini sepenuhnya gratis, dan mendukung banyak ekstensi, termasuk .odt, .odp, .ods, .ots, .ott, .otp, .docx, .pptx, .xlsx, .dotx, .xltx, .ppsx, doc, .ppt, .xls, .dot, .xlt, dan .pps.

Mudahnya, Collabora Office menggunakan mesin yang sama dengan LibreOffice, dengan front-end berbasis Collabora Online, yang menghasilkan aplikasi yang cocok untuk layar kecil dan besar. Google Drive didukung di luar kotak, dan ini bahkan bekerja dengan mulus, menjadikannya cara intuitif untuk menyimpan dan mengedit file saat dalam perjalanan.

5. Gmail

Gmail Untuk Tablet

Gmail adalah salah satu dari sedikit aplikasi Google yang tersisa yang memiliki antarmuka tablet khusus. Pada layar besar, Gmail memiliki desain dua kolom, dengan kotak masuk Anda ditampilkan di sebelah kiri dan pesan saat ini di sebelah kanan. Ada juga beberapa pintasan keyboard yang tersedia untuk mengelola pesan dengan cepat.

6. Microsoft Outlook

Microsoft Outlook Untuk Tablet

Jika Anda bukan penggemar Gmail, atau Anda hanya ingin mencoba sesuatu yang baru, Microsoft Outlook adalah aplikasi email hebat lainnya untuk tablet Android. Ini berfungsi dengan layanan email pihak ketiga selain Outlook milik Microsoft sendiri, sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa berpindah alamat email.

Outlook memiliki tata letak yang mirip dengan Gmail di tablet, dengan kolom untuk kotak masuk dan pesan yang saat ini dipilih, tetapi ada beberapa perbedaan. Daftar akun selalu disematkan di sisi kiri, dan kolom ketiga untuk kotak masuk/folder dapat diubah dengan menekan menu hamburger di kiri atas.

Baca Juga:  10 Aplikasi Android Terbaik Ponsel Baru Tahun 2022

7. Twitter Lite

Twitter Lite Untuk Tablet

Aplikasi Twitter biasa terlihat sangat buruk di tablet, dengan tweet memenuhi seluruh layar. Anda lebih baik menggunakan Twitter Lite, versi aplikasi web Twitter yang dikemas ulang. Ini bukan aplikasi Android asli, yang sedikit mengganggu, tetapi terlihat jauh lebih baik di tablet.

Twitter Lite hanya tersedia dari Play Store di wilayah tertentu, jadi jika Anda tidak dapat mengunduhnya, cukup buka website Twitter di browser seluler pilihan Anda dan temukan opsi untuk menginstalnya ke layar utama Anda. Ini adalah pengalaman yang sama persis dan ingatlah untuk mengaktifkan notifikasi dari pengaturan Twitter untuk fungsionalitas penuh.

8. Google Duo

Google Duo Untuk Tablet

Google Duo mungkin adalah aplikasi obrolan video terbaik di Android, dan berfungsi dengan baik di tablet seperti halnya di ponsel. Bahkan, Anda tidak lagi memerlukan nomor telepon yang dipasangkan dengan akun Google Anda saat menggunakannya di tablet, yang berguna untuk anak kecil dan orang lain yang tidak memiliki telepon.

9. Samsung Internet Browser

Samsung Internet Browser Untuk Tablet

Samsung Internet adalah salah satu peramban web paling populer di Android, dan tampaknya juga memiliki salah satu antarmuka tablet terbaik. Itu tidak mengejutkan, mengingat Samsung adalah satu-satunya perusahaan yang tersisa untuk memproduksi tablet Android kelas atas, tetapi Anda tidak perlu Galaxy Tab untuk menggunakan browser — itu tersedia di Play Store untuk perangkat apa pun.

Samsung Internet didasarkan pada Chrome, tetapi memiliki beberapa fitur yang tidak ada di browser Google. Anda dapat memindahkan tombol sesuai keinginan Anda, memaksakan tema gelap di semua halaman web, dan menginstal add-on tertentu. Tab dapat ditampilkan di bawah bilah alamat (mirip dengan Chrome) atau disembunyikan di balik tombol tab untuk ruang vertikal yang lebih banyak.

10. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom Untuk Tablet

Lightroom adalah editor gambar fantastis yang digunakan untuk semua foto yang berhubungan dengan pekerjaan, dan karena Android memungkinkan menghubungkan kamera Sony Alpha melalui USB untuk mentransfer file, dan dapat melakukan seluruh alur kerja pengeditan gambar dari Galaxy Tab. Yang terbaik dari semuanya, Lightroom untuk Android mendukung tanda air gambar, menjadikannya editor gambar tingkat profesional yang harus sesuai dengan alur kerja siapa pun.

Write A Comment