Gagasan tentang smartphone yang dapat dilipat telah mendapat banyak pendukung dan pencela. Sebagian besar mengeluhkan harga tinggi dan dugaan kerapuhannya. Samsung mengambil langkah besar dalam mengatasi masalah tersebut dengan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, dua smartphone lipat yang dihargai lebih rendah dari generasi sebelumnya dan lebih tahan lama untuk boot dengan peringkat ketahanan air.

Tetapi Samsung bukan satu-satunya yang membuat perangkat smartphone lipat. Ada Xiaomi, Motorola, Huawei, dan bahkan merek yang tidak dikenal bernama Royole memiliki smartphone lipat yang berfungsi di pasaran sekarang. Selain itu, merek lain seperti Google, OPPO, OnePlus, dan Vivo kemungkinan akan segera merilis smartphone lipat mereka sendiri.

Rekomendasi Smartphone Lipat Pilihan Terbaik

Jika Anda tertarik untuk mencoba sekarang atau mempertimbangkan untuk menggunakan smartphone lipat, di bawah ini rekomendasi pilihan pada setiap foldable yang dirilis sejauh ini. Perincian mendalam tentang apa yang ditawarkan setiap foldable aja di bawah ini.

1. Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy Z Fold 3

Galaxy Z Fold 3 adalah keseluruhan ponsel lipat terbaik yang dapat dibeli dengan harga yang mahal. Galaxy Z Fold 3 lebih tahan lama, dengan bahan yang lebih kuat yang membentuk bingkai dan layar, tahan air IPX8, SoC Qualcomm Snapdragon 888 yang lebih baru, kecerahan layar yang ditingkatkan, kamera bawah layar yang canggih, dan dukungan S-Pen. Saat dilipat, Galaxy Z Fold 3 adalah smartphone berbentuk remote TV (panjang dan sempit) yang ringkas, tetapi jika dibuka dan Anda mendapatkan layar besar 7,6 inci yang terlihat memukau. Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan layar yang lebih besar.

Flex Mode pada dasarnya memungkinkan Galaxy Z Fold 3 untuk berdiri sendiri dan mengambil gambar atau video dengan selfie atau kamera utama tanpa memerlukan tripod atau alat peraga lainnya. Beberapa orang telah menggunakannya untuk melakukan panggilan video hands-free, memfilmkan diri saya sendiri di gym, dan merekam selang waktu secara spontan. Dukungan S-Pen juga merupakan pengubah permainan yang potensial, setidaknya untuk orang yang suka membuat sketsa atau membuat catatan.

2. Samsung Galaxy Z Fold 2

Samsung Galaxy Z Fold 2

Jika Anda benar-benar ingin mencoba Galaxy Z Fold 3 tetapi merasa harganya agak tinggi, Galaxy Z Fold 2 adalah alternatif yang baik. Meskipun tidak memiliki ketahanan air Galaxy Z Fold 3 dan dukungan S-Pen, hal itu masih merupakan perangkat keras yang sangat mumpuni dan mengesankan, dengan layar lipat 120Hz, 7,6 inci di dalam dan layar penutup luar 6,2 inci. Prosesor di sini, Snapdragon 865, bukan yang terbaru di blok ini tetapi masih sangat mumpuni bahkan di akhir tahun 2021.

Baca Juga:  7 Alasan Untuk Memilih Nokia 8.1

Sejujurnya, jika Anda tidak memerlukan peringkat tahan air atau dukungan S-Pen, Galaxy Z Fold 2 akan menawarkan pengalaman penggunaan yang sangat mirip dengan Galaxy Z Fold 3. Perangkat keras kamera sebagian besar identik, dan secara keseluruhan di rasa tangan dan kasus penggunaan juga sama. Artinya sistem kameranya masih cukup bagus, meski bukan yang terbaik. Namun, jika Anda memotret selama pencahayaan yang bagus, setiap bidikan akan menjadi sangat bagus. Dalam situasi cahaya rendah di mana kamera kadang-kadang dapat berjuang karena ukuran sensor gambar yang kecil. Performa video sangat mengesankan untuk perangkat yang dapat dilipat, dengan rekaman 4K yang dihasilkan dengan stabil. Anda juga dapat memfilmkan diri Anda sendiri menggunakan kamera utama dan masih melihat pratinjau berkat fakta bahwa, ketika Z Fold 2 dibuka, ia memiliki layar di bagian depan dan belakang perangkat.

3. Huawei Mate X2

Huawei Mate X2

Sehebat Galaxy Z Fold 3 sebagai produk keseluruhan, sistem kameranya tidak bisa menandingi yang ada di Huawei Mate X2. Itu karena yang terakhir memiliki fitur kamera utama bersensor besar 50MP dan lensa zoom periskop yang dapat menghasilkan gambar zoom optik 10x. Kamera Galaxy Z Fold 3 solid, tetapi ukuran sensornya lebih kecil dan lensa zoom maksimal 2x optik. Ada area lain di mana Mate X2 melengkapi Galaxy Z Fold 3 juga, termasuk fakta bahwa Mate X2 dapat dilipat sepenuhnya rata tanpa celah yang terlihat. Engsel layar juga kurang terlihat.

4. Samsung Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3

Sementara smartphone lipat besar seperti ponsel di atas pada dasarnya adalah tablet yang dapat dilipat menjadi ukuran ponsel cerdas yang lebih kecil, ada ponsel clamshell yang dapat dilipat menjadi kotak kecil yang ringkas tidak lebih besar dari setumpuk tatakan gelas atau dompet. Jika Anda menemukan kantong Anda terus-menerus sempit karena smartphone slab terlalu besar, Galaxy Z Flip 3 akan menjadi musik di telinga Anda.

Berukuran hanya 86,4 x 72,2 x 17,1 mm saat dilipat, Galaxy Z Flip 3 tidak hanya muat di saku celana (pria dan wanita), tetapi juga saku dada yang lebih kecil di jaket atau kemeja berkancing. Ini juga cukup mungil untuk masuk ke dompet kebanyakan wanita. Buka perangkat dan Anda memiliki layar OLED 6,7 inci yang jelas dengan kecepatan refresh 120Hz; tutup dan layar 1,9 inci memungkinkan Anda untuk tetap up to date dengan notifikasi.

Galaxy Z Flip 3 menawarkan sistem kamera 12MP ganda yang dapat menangkap gambar yang tajam dan hidup, meskipun kurangnya lensa zoom sepenuhnya akan terlihat bagi mereka yang melompat dari smartphone slab andalan baru-baru ini. Performa tidak menjadi masalah berkat chip Snapdragon 888 dan RAM 8GB. Anda juga dapat mengisi ulang ponsel dengan kabel atau nirkabel.

5. OPPO Find N

OPPO Find N

OPPO Find N adalah ponsel lipat terbaru dan Find N’s hardware sempurna, bisa dibilang lebih baik dari Samsung. Misalnya, layar utama Find N 7,2 inci memiliki lipatan yang jauh lebih sedikit daripada Galaxy Z Fold 3 dan ini berkat desain engsel yang memungkinkan rongga kecil tempat layar ponsel terlipat dan engsel Find N dapat dilipat.

Baca Juga:  5 Ponsel Kamera Terbaik Tahun 2022

Beberapa dari kami di XDA juga penggemar ukuran layar dan rasio aspek Find N — saat dilipat, Find N memiliki layar 5,5 inci, 18:9 yang terasa lebih seperti layar smartphone biasa daripada layar lipat lipat 3, sempit 25:9 layar 6,2 inci. Dan seperti Galaxy Z Fold 3, Find N berjalan pada Snapdragon 888, RAM 12GB, dan memiliki layar utama kecepatan refresh variabel 120Hz yang dilapisi oleh UTG (kaca ultra tipis). Jadi ini adalah perangkat keras yang sangat halus.

6. Xiaomi Mix Fold

Xiaomi Mix Fold

Mix Fold mengemas kamera 108MP hebat yang menghasilkan bokeh yang sangat alami, dan “lensa cair” yang dapat berfungsi ganda karena lensa zoom makro dan telefoto masih mengesankan di atas kertas. Mungkin nilai jual terbesar dari Mi Mix Fold dibandingkan smartphone lipat lainnya adalah “Mode PC” yang mengubah UI menjadi antarmuka komputer desktop dengan dukungan untuk jendela yang dapat diubah ukurannya.

7. Motorola Razr 5G

Motorola Razr 5G

Jika Anda berusia pertengahan 30-an atau lebih, kemungkinan Anda memiliki kenangan indah menggunakan ponsel sebelum menjadi komputer pribadi dan mesin selfie saat ponsel hanya digunakan untuk menelepon orang. Kembali di akhir 90-an dan awal 2000-an, ponsel datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi salah satu model ponsel pertama yang benar-benar populer sebagai simbol status dan ikon gaya adalah Motorola Razr, ponsel flip clamshell dengan trim logam dan desain yang sangat tipis saat dibuka.

Layar OLED 6,2 inci Razr 5G bukanlah layar paling terang atau paling tajam, tetapi tidak memiliki banyak tanda lipatan berkat beberapa rekayasa cerdas. Perangkat lunak Motorola juga menyenangkan untuk digunakan, dengan banyak gerakan pintas yang berguna dan kemampuan untuk berinteraksi dengan notifikasi saat perangkat dilipat, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh Galaxy Z Flip. Namun hanya ada satu kamera utama, kamera 48MP yang bisa digunakan, dengan kamera selfie 20MP tambahan di bagian dalam ponsel yang ditempatkan di takik. Snapdragon 765G di sini bukan SoC andalan, tetapi kinerja tidak menjadi masalah sama sekali.

Kesimpulan

Beberapa orang akan menyukai Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, serta OPPO Find N. Dengan Honor dikonfirmasi akan segera merilis ponsel yang dapat dilipat dan rumor yang dapat dipercaya mengatakan bahwa Vivo juga sedang mengerjakannya, adegan yang dapat dilipat akan segera dirilis. menjadi lebih menarik pada tahun 2022. Akhirnya, Google dan Apple mungkin akan bergabung dan pada saat itu, smartphone lipat akan sepenuhnya menjadi arus utama.

Write A Comment