Jika Anda menggunakan kamera SLR atau mirrorless untuk membuat foto, tetapi belum beralih dari lensa starter, Anda akan ketinggalan. Lensa yang dibundel, sering disebut sebagai kit zoom, berguna menutupi sudut yang akan Anda gunakan untuk sebagian besar gambar dan memberikan kualitas yang sangat baik.

Zoom kit hari ini, secara umum, lebih tajam dan dibuat lebih baik daripada yang dari beberapa dekade lalu. Tetapi mereka masih punya beberapa keterbatasan. Sebagian besar tidak mengumpulkan banyak cahaya, jadi Anda harus menggunakan flash atau mendapatkan gambar berbintik dalam cahaya redup.

Namun, ada beberapa cara berbeda yang harus dilakukan saat berbelanja lensa baru, dan Anda harus sedikit berhati-hati untuk mendapatkan lensa yang sesuai dengan kamera Anda. Kami di sini untuk membantu.

Dapatkan Lensa yang Pas

Dapatkan Lensa yang Pas

Setiap sistem kamera memiliki dudukan lensanya sendiri, jadi tidak ada kompatibilitas silang. Mencocokkan nama merek juga bukan masalah sederhana. Misalnya, Canon menjual kamera dengan tiga dudukan lensa terpisah dan Anda tidak dapat dengan bebas menukar lensa di antara keduanya. Sebaliknya, beberapa merek membuat kamera Micro Four Thirds, sehingga Anda dapat menggunakan lensa OM System M.Zuiko pada kamera Panasonic Lumix jika Anda mau.

Masih ada beberapa kerutan yang perlu diperhatikan. Pembuat lensa pihak ketiga, merek seperti Sigma, Tamron, dan Venus Optik untuk beberapa nama, biasanya menawarkan lensa mereka untuk beberapa sistem. Sangat penting untuk meluangkan sedikit waktu ekstra dan pastikan Anda menambahkan yang tepat ke keranjang belanja Anda.

Jenis Lensa Dasar

Jenis Lensa Dasar

Kebanyakan lensa yang dibundel adalah desain zoom standar. Mereka dibuat untuk menutupi sudut pandang yang paling berguna untuk fotografi sehari-hari. Panjang fokus yang tepat bervariasi berdasarkan ukuran sensor gambar, tetapi Anda akan menikmati pemandangan serupa dari zoom awal untuk Micro Four Thirds (14-42mm), APS-C (18-55mm), atau full-frame (24-70mm) .

Baca Juga:  Apa Itu Facebook Protect dan Cara Mengaturnya

Untuk mendapatkan lebih banyak dunia dalam satu bidikan, Anda memerlukan zoom sudut lebar. Lensa ini memiliki panjang fokus yang lebih kecil, karakteristik yang menjaring sudut pandang yang lebih luas. Sebagian besar lensa lebar menggunakan optik bujur sangkar untuk menggambar dunia dengan distorsi sesedikit mungkin, tetapi Anda juga bisa mendapatkan lensa mata ikan jika Anda menginginkan pandangan dunia yang sangat lebar dan melengkung.

Lensa telefoto memiliki panjang fokus yang panjang, menjaring sudut pandang yang lebih sempit. Mereka berguna untuk mengambil bidikan subjek saat Anda tidak bisa mendekat. Jika Anda tertarik untuk memotret satwa liar atau olahraga tim, telezoom adalah alat yang tepat untuk pekerjaan itu.

Untuk foto dalam cahaya redup dan tampilan latar belakang buram, Anda memerlukan lensa prima. Lensa ini tidak memperbesar, melainkan menawarkan sudut pandang tetap dan (biasanya) optik yang lebih cerah. Anda akan mendapatkan banyak keburaman latar belakang dari F1.4, F1.8, atau F2.0 prime.

Lensa lain termasuk dalam kategori khusus. Lensa makro fokus sangat dekat—itulah yang Anda inginkan untuk mendapatkan bidikan detail bunga, kristal es, dan fenomena alam lainnya. Anda juga dapat membeli lensa tilt-shift untuk seni dan arsitektur, atau lensa fokus lembut untuk potret.

Fitur yang Anda Inginkan

Fitur yang Anda Inginkan

Ada beberapa hal yang ingin Anda cari saat berbelanja lensa, apa pun sistem yang Anda gunakan.

Membangun kualitas adalah satu, dan itu adalah sesuatu yang selalu Anda bayar. Kami telah melihat pergerakan menuju polikarbonat berkualitas—plastik yang tidak terasa seperti plastik—secara menyeluruh. Fitur yang ditingkatkan yang harus dicari adalah perlindungan debu dan percikan, serta perlindungan anti-noda fluor pada kaca yang terbuka.

Baca Juga:  Yang Perlu Anda Ketahui tentang Facebook Protect Email

Setiap lensa yang Anda beli akan mencakup tutup belakang dan depan. Sebagian besar akan menyertakan tudung juga, perisai pelindung yang menempel di bagian depan. Selalu merekomendasikan menggunakan tudung jika Anda bisa—mereka mengurangi cahaya di luar sudut, dan mereka mempersulit sidik jari kaca depan secara tidak sengaja. Anda mungkin ingin menggunakan filter kaca pelindung juga; jika ya, pastikan untuk mendapatkan yang multicoated untuk hasil terbaik.

Stabilisasi optik menggerakkan elemen lensa untuk mengimbangi gerakan apa pun, fitur yang berguna untuk mendapatkan foto genggam yang lebih tajam. Tidak semua lensa memilikinya (atau membutuhkannya), tetapi Anda pasti harus mencarinya di telefoto. Vloggers akan menginginkan sudut lebar yang stabil untuk rekaman berjalan-dan-bicara.

Lensa premium sering kali menyertakan tombol kontrol dan sakelar sakelar. Beberapa akan menambahkan cincin kontrol untuk mengatur bukaan atau menyesuaikan pengaturan kamera lainnya. Ini bukan fitur yang diperlukan untuk fotografi, tetapi para penggemar menghargainya.

Bukan Hanya Lensa

Bukan Hanya Lensa

Jika Anda benar-benar puas dengan lensa Anda, tetapi sedang mencari beberapa cara untuk melakukan hal-hal baru dengan kamera Anda, ada add-on lain yang perlu dipertimbangkan. Banyak orang menyukai set filter Lensbaby Omni, yang menggunakan tongkat magnet untuk memisahkan dan menyaring cahaya dengan cara yang menarik.

Anda juga dapat menambahkan tripod berkualitas untuk pekerjaan eksposur lama, flash di luar kamera untuk mengontrol pencahayaan, atau mikrofon yang lebih baik untuk pekerjaan video.

Write A Comment